Dalam upaya beradaptasi dengan pembelajaran berbasis teknologi 4.0, prodi Sastra Inggris, FKSB, Universitas Islam 45 Bekasi pada semeseter genap T.A. 2018/2019 akan mengujicobakan sistem pembelajaran di ruang virtual.

Sistem pembelajaran akan menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis Moodle LMS. Dipilihnya Moodle sebagai basis LMS karena Moodle merupakan LMS yang banyak digunakan sebagai infrastruktur pembelajaran di ruang virtual. Di samping mudah digunakan, Moodle lebih mudah untuk dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di prodi.

Dalam uji coba tersebut, akan ditentukan beberapa Mata Kuliah yang menjadi pilot project. Perkuliahan pilot project ini didesain untuk memungkinkan berlangsungnya pembelajaran jarak jauh, penggunaan metode blended learning, dan aktifitas-aktifitas pembelajaran lainnya

Akses pada LMS Sastra Inggris bisa melalui webstite https://lms.englishunisma.org ataupun melalui aplikasi yang diunduh dari Apple Store maupun Android Playstore.

Selain LMS, prodi Sastra Inggris juga akan mengujicobakan uji kompetensi Bahasa Inggris berbasis Internet atau Internet Based English Proficiency Test. Internet based EPT ini akan mensimulasikan tipe-tipe soal ujian TOEFL dan TOEIC. Akses pada Internet based EPT ini melalui alamat https://ept.englit45bekasi.org.